Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Artikel dipublikasikan : 18 November 2021 07:26
Dibaca : 271 kali

Indera penglihatan harus dijaga sebaik mungkin. Sering mengabaikan kesehatan mata dapat berakibat fatal. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan mata yang perlu Anda lakukan.

Mata adalah salah satu dari panca indera kita yang harus dijaga. Rusaknya mata maka gangguan penglihatan hingga kebutaan dapat dialami. Oleh karena itu setiap orang perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mata. 

Berikut ini 10 cara menjaga kesehatan mata yang penting dilakukan sedini mungkin agar indera penglihatan Anda tetap berfungsi dengan baik sampai pada usia lanjut nanti.  

  1. Hindari menatap layar gadget terlalu lama

Gangguan penglihatan seringkali terjadi akibat dari terlalu lama menatap layar gadget. Baik itu layar laptop, komputer, tablet, ataupun smartphone jika ditatap dalam waktu yang lama setiap hari maka akan melelahkan mata. Selain itu,  juga dapat menimbulkan dampak serius terhadap mata. Gejala seperti pandangan buram atau kabur, sakit kepala, nyeri leher, nyeri bahu dan punggung, atau mata kering dapat timbul akibat terlalu lama menatap layar gawai saat bermain games, menonton video, film, atau bekerja dengan gawai. 

Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan mata yang pertama adalah setiap 20 menit memakai gawai istirahatkan mata selama 20 detik. Kemudian alihkan pandangan, sembari berdiri dan lakukan peregangan persendian leher, bahu, tangan dan kaki. Istirahatkan mata setiap 2 jam sekali selama 15 menit.

Baca Juga: 13 Makanan Untuk Kesehatan Mata, Hindari Kebiasaan Ini!

  1. Cukupi nutrisi penting untuk mata

Cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan mencukupi asupan nutrisi penting untuk mata. Asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3. Makanan yang memiliki kandungan nutrisi tersebut adalah sayuran hijau, ikan salmon, ikan tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk. Terpenuhinya nutrisi tersebut bermanfaat dalam mencegah katarak dan degenerasi makula karena penuaan usia. 

  1. Lindungi mata dari paparan langsung sinar ultraviolet

Jika Anda bekerja atau berada di area terbuka yang langsung terpapar sinar matahari, pastikan gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet secara langsung. Misalnya saat berada di persawahan, lapangan, deck kapal, dataran tanpa pepohonan, dan lain sebagainya.  Paparan sinar ultraviolet yang langsung ke mata dapat meningkatkan resiko terkena katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, hingga kanker mata. Jadi cara menjaga kesehatan mata dari bahaya paparan langsung sinar UVA dan UVB adalah memakai kacamata hitam dan juga gunakan topi. 

  1. Periksa mata secara rutin ke dokter spesialis mata

Sering diabaikan, namun sebetulnya pemeriksaan mata ke dokter adalah penting dilakukan. Setidaknya dalam waktu satu atau dua tahun sekali Anda perlu pergi ke dokter spesialis mata. Melalui pemeriksaan mata akan diketahui bagaimana kondisi mata yang sebenarnya. Jika perlu pemeriksaan mata dapat dilakukan per 6 bulan sekali, sekaligus medical check up seluruh kondisi tubuh Anda. 

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pemeriksaan mata secara berkala, sehingga langkah tersebut merupakan salah satu cara menjaga kesehatan yang cukup penting untuk diprioritaskan. Apalagi bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu yang berkomplikasi ke mata, seperti diabetes, obesitas, hipertensi, atau penyakit mata karena faktor genetik.

  1. Rutin olahraga 

Aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin, selain memberikan manfaat kebugaran pada tubuh,  juga akan bermanfaat pada kesehatan mata. Olahraga dapat melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga dapat mengurangi resiko terkena berbagai penyakit. Serangan jantung dan stroke, diabetes, hipertensi, kelebihan kolesterol jahat, yang berimplikasi pada gangguan penglihatan dapat diminimalisir resikonya dengan cara rutin berolahraga. Cara menjaga kesehatan mata lewat aktivitas olahraga minimal dilakukan dua kali dalam seminggu. Anda bisa lakukan olahraga apapun yang Anda sukai untuk menjaga kesehatan mata. 

  1. Perhatikan jarak dan cahaya ketika sedang membaca 

Kebiasaan membaca di tempat gelap akan membuat mata cepat lelah, kering, dan penglihatan tidak fokus. Sel-sel pada retina mata lambat laun akan mengalami kerusakan, karena dipaksa menangkap cahaya di tempat gelap. Selain itu gangguan penglihatan mata juga bisa disebabkan oleh kebiasaan membaca buku dalam jarak yang terlalu dekat dengan mata. 

Jadi, salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengatur jarak sekitar 25-30 cam antara mata dengan buku, majalah, gawai, atau obyek bacaan lainnya. Gunakan pula lampu baca agar memperoleh cukup cahaya ketika sedang membaca. Hindari membaca di tempat yang gelap.  

Baca Juga: Ketahui Vitamin Untuk Mata dan Penyakit Mata Yang Umum Terjadi

  1. Stop kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga berbahaya bagi kesehatan mata. Asap rokok dapat meningkatkan resiko  terkena penyakit katarak pada mata, degenerasi makula, dan rusaknya saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan,  serta merusak retina mata. Berhenti merokok merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata. 

  1. Bersihkan make up pada bagian mata sampai bersih  

Bagi wanita, penting diperhatikan soal make up atau riasan wajah. Rajin membersihkan sisa make up pada bagian mata merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata.  Selain itu juga perhatikan kosmetik berbentuk cairan atau krim. Itu rentan terhadap bakteri, terutama bila sudah lebih dari 3 bulan tidak digunakan. Mending dibuang saja daripada membawa bakteri. Dan penting juga untuk tidak berbagi pakai alat rias.

  1. Kontak lensa jangan dipakai terlalu lama

Bagi pemakai kontak lensa, cara menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan menghindari pemakaian yang terlalu lama. Sebab hal itu dapat menimbulkan iritasi. Pilih kontak lensa yang aman untuk mata, dan tidak akan berisiko memicu iritasi dan alergi. Selain itu, saat memasang dan melepaskan kontak lensa, pastikan jari tangan dalam keadaan bersih dan steril. 

  1. Hindari kelebihan berat badan

Obesitas atau kelebihan berat badan dan diabetes dapat menimbulkan komplikasi pada mata. Bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Jadi dengan mengontrol berat badan berarti ikut dalam  menjaga kesehatan mata. Berat badan dapat dikendalikan dengan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membakar kalori yang menumpuk di dalam tubuh, melancarkan aliran darah dan oksigen, dan berbagai manfaat lainnya. Selain berolahraga, pola makan juga harus dikendalikan. Hindari makanan yang indek glikemik (IG) nya tinggi, agar gula darah tidak cepat meningkat. Dan hindari terlalu banyak makan gorengan juga. Perbanyak makanan yang mengandung serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kesepuluh cara menjaga kesehatan mata yang dipaparkan di atas dapat Anda pertimbangkan untuk dilakukan saat ini juga. Fungsi mata sangat penting, jadi jagalah kesehatan mata sejak sekarang.

Baca Juga: Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Medis

Ikuti terus berbagai informasi penting dan menarik seputar kesehatan dari platform digital OkeKlinik. Unduh aplikasi telemedicine ini melalui Play Store dan lakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan ini. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter profesional melalui fitur chat dan video call yang tersedia di OkeKlinik.  

 
Hubungi Kami
Terace Mahakam, Jl. Mahakam No.6, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
02122772701
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com