Download OkeKlinik App

Temukan Dokter

Komunikasikan masalah kesehatan dengan mudah

Hidup Sehat

9 Cara Mengatasi Mata Kering

Artikel dipublikasikan : 7 April 2022 11:36
Dibaca : 122 kali

 

Mata yang kekurangan pelumas dan kelembaban yang kronis pada permukaan mata dapat menjadi penyakit mata kering. Lapisan air mata yang cukup memadai dan konsisten di permukaan mata sangat penting untuk menjaga mata tetap sehat, nyaman, dan dapat melihat dengan baik. 

Air mata berfungsi untuk membasahi permukaan mata agar tetap lembab dan bermanfaat untuk membersihkan debu, kotoran, dan mikroorganisme yang dapat merusak kornea dan menyebabkan infeksi mata. 

Akibat dari mata kering, dapat berupa iritasi mata yang halus namun konstan, hingga terjadinya  peradangan yang signifikan. Bahkan,  dapat pula menyebabkan jaringan parut pada permukaan depan mata.

Cara mengatasi mata kering dapat dilakukan dengan meneteskan obat tetes air mata buatan dan beberapa pengobatan lain. 

Cara mengatasi mata kering dengan obat tetes

Dilansir dari laman All About Vision, cara mengatasi mata kering dapat dilakukan dengan obat tetes mata. Jenis obat tetes mata yang digunakan adalah  sebagai berikut. 

  1. Obat tetes untuk air mata buatan

Untuk kasus mata kering ringan, disebabkan oleh paparan layar komputer, membaca, tugas sekolah dan penyebab situasional lainnya, pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan air mata buatan atau tetes mata pelumas lainnya.

Terdapat berbagai merek  di pasaran, tanpa resep dokter,  dengan formulasi yang beragam.  Obat tetes mata ini tersedia dalam berbagai bahan dan viskositas atau ketebalan. 

Air mata buatan dengan viskositas rendah bersifat "tipis" dan berair, memberikan bantuan cepat dengan sedikit atau tanpa pengaburan penglihatan. Tetapi seringkali efek menenangkannya sangat singkat, dan terkadang harus digunakan sangat sering untuk mendapat hasil yang maksimal.

Air mata buatan yang memiliki viskositas tinggi lebih seperti gel,  dapat memberikan pelumasan yang lebih tahan lama. Tetapi biasanya menyebabkan penglihatan kabur yang signifikan selama beberapa menit setelah digunakan. Jadi, air mata buatan dengan viskositas tinggi direkomendasikan hanya untuk digunakan sebelum tidur.

  1. Restasis

Obat tetes mata Restasis harus dengan resep dokter. Manfaatnya untuk melumasi permukaan mata, mengurangi peradangan yang terkait dengan sindrom mata kering,  dan membantu tubuh dalam menghasilkan lebih banyak air mata alami untuk menjaga mata tetap lembab, nyaman dan sehat.

Efek terapeutik dari Restasis bersifat tidak langsung, harus digunakan setiap hari selama minimal 90 hari untuk merasakan manfaat penuh, untuk mengatasi mata kering. 

Beberapa orang yang mencoba Restasis akan mengalami mata terbakar lebih awal selama beberapa minggu pertama pengobatan.

  1. Xiidra

Xiidra (ZYE-druh) adalah obat tetes mata resep dokter yang juga  untuk perawatan mata kering. Xiidra (Shire), seperti Restasis, ditujukan untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan tanda dan gejala mata kering.

Efek samping paling umum dari Xiidra yang dilaporkan dalam penelitian adalah iritasi mata, perubahan sensasi rasa dan penurunan ketajaman visual, yang terjadi pada 5% hingga 25% peserta.  Dosis yang dianjurkan untuk Xiidra, seperti Restasis, adalah dua aplikasi di setiap mata per hari, sekitar 12 jam terpisah.

  1. Tetes mata steroid

Peradangan merupakan salah satu penyebab signifikan pada mata kering. Peradangan sering menyebabkan kemerahan dan rasa terbakar yang berhubungan dengan penyakit mata kering.

Air mata buatan biasanya tidak cukup mengatasi perubahan inflamasi ini, sehingga dokter  mungkin merekomendasikan tetes mata steroid. Maksudnya untuk mengelola peradangan yang mendasari mata kering dengan lebih baik.

Tetes mata steroid umumnya digunakan jangka pendek untuk mengatasi gejala dengan cepat, dan sering digunakan bersama dengan air mata buatan dan Restasis atau Xiidra, sebagai pelengkap strategi perawatan mata kering jangka panjang. 

Tetes mata steroid (terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama) berpotensi menimbulkan efek samping. Jadi, beritahukan  dokter mata mengenai riwayat medis lengkap kamu sebelum memakai  obat tetes mata steroid.

Tetes mata steroid dapat meningkatkan risiko terkena tekanan mata tinggi atau bahkan katarak jika digunakan untuk waktu yang lama. Tetapi risiko ini rendah bila obat tetes hanya digunakan dalam jangka pendek, untuk perawatan mata kering.

  1. Lacrisert

Lacrisert (Bausch + Lomb) adalah pelumas lepas lambat steril yang ditempatkan di bawah kelopak mata bawah, di mana konjungtiva bagian dalam kelopak mata bertemu dengan konjungtiva bola mata.

Ini adalah sisipan padat yang terdiri dari bahan pelumas bebas pengawet (hidroksipropil selulosa) yang perlahan mencair seiring waktu, memberikan efek pelembab sepanjang hari.

Bagi kebanyakan orang dengan mata kering, satu Lacrisert diterapkan sekali sehari. Perangkat ini telah terbukti meredakan kekeringan, rasa terbakar, mata berair, sensasi benda asing, gatal, sensitivitas cahaya, dan penglihatan kabur, menurut perusahaan.

Lacrisert biasanya direkomendasikan untuk pasien dengan gejala mata kering sedang hingga parah, terutama jika perawatan mata kering dengan air mata buatan saja terbukti tidak berhasil.

Jika diletakkan di bawah kelopak mata dengan tidak tepat, kemungkinan Lacrisert dapat menyebabkan abrasi kornea. Juga, Lacrisert dapat menyebabkan penglihatan kabur sementara, ketidaknyamanan atau iritasi mata, bulu mata kusut atau lengket, mata merah dan kepekaan terhadap cahaya.

Cara lain mengatasi mata kering 

Selain memakai obat tetes mata, cara mengatasi mata kering juga dapat dilakukan dengan metode berikut.

  1. Punctal Plugs

Sumbat punctal terkadang digunakan dalam perawatan mata kering untuk membantu air mata tetap berada di permukaan mata lebih lama. Caranya adalah dengan memasukan sebuah sumbat punctal ke dalam saluran air mata,  pada kelopak mata bawah,  untuk menjaga film air mata dari pengeringan terlalu cepat. 

Punctal plug adalah alat kecil dan steril yang dimasukkan ke salah satu lubang kecil (puncta) saluran drainase air mata yang terletak di sudut dalam kelopak mata atas dan bawah.

Setelah lubang ini ditutup, air mata tidak bisa lagi mengalir dari mata melalui saluran. Hal ini menyebabkan lapisan air mata tetap utuh lebih lama di permukaan mata, menghilangkan gejala mata kering. 

  1. Ekspresi kelenjar Meibom

Persentase yang sangat signifikan dari kasus mata kering disebabkan oleh minyak yang tidak memadai (meibum) yang dikeluarkan dari kelenjar meibom yang terletak di sepanjang tepi kelopak mata.

Bukaan kelenjar ini berada di dekat pangkal bulu mata. Jika lubang ini tersumbat, minyak yang penting untuk menjaga film air mata agar tidak menguap terlalu cepat tidak dapat melakukan tugasnya. Ini disebut disfungsi kelenjar meibom (MGD), yang merupakan penyebab signifikan gejala mata kering evaporatif.

Untuk mengobati disfungsi kelenjar meibom dan mata kering yang menguap, dokter mata mungkin melakukan prosedur “ekspresi kelenjar meibom”. Dalam prosedur ini, kompres hangat mungkin atau mungkin tidak pertama kali diterapkan pada kelopak mata Anda. Lalu alat jenis forcep digunakan untuk memeras isi yang tersumbat (meibum yang mengeras dan mungkin zat lain) dari kelenjar meibom.

Untuk hasil maksimal dalam mengekspresikan isi kelenjar meibom dan membuatnya berfungsi dengan baik, perlu tekanan yang signifikan pada kelopak mata, yang bisa membuat rasa tidak nyaman. Tetapi, hasilnya akan sepadan dengan rasa ketidaknyamanan yang dirasakan dalam jangka pendek dari prosedur ini.

  1. Kompres hangat

Cara alternatif untuk membantu membuka kelenjar meibom yang tersumbat, sebagai cara untuk mengatasi  mata kering,  adalah dengan menerapkan kompres hangat pada kelopak mata yang tertutup untuk melembutkan meibum yang mengeras.

Sayangnya, agar kompres hangat berfungsi dengan baik, beberapa peneliti mengatakan Anda harus menggunakan kompres yang dapat mempertahankan suhu 108 derajat Fahrenheit selama lebih dari 10 menit, dan kompres harus diterapkan untuk jangka waktu ini setidaknya dua kali sehari. 

Cara ini tidak nyaman, sehingga kebanyakan orang tidak mampu atau tidak mau melakukan jenis perawatan mata kering ini dengan benar. 

  1. LipiFlow

Sistem Pulsasi Termal LipiFlow atau Tear Science adalah cara mengatasi mata kering yang menggabungkan terapi kompres hangat dan ekspresi kelenjar meibom.

Sebuah perangkat yang dipatenkan ditaruh tepat di kelopak mata, agar dapat menerapkan panas yang dikontrol dengan tepat ke kelopak mata,  untuk melembutkan meibum yang mengeras yang terperangkap di kelenjar meibom. Pada saat yang sama, sistem LipiFlow menerapkan tekanan berdenyut di kelopak mata untuk membuka dan mengekspresikan kelenjar yang tersumbat, sehingga mengembalikan keseimbangan minyak yang benar dalam lapisan air mata untuk meredakan sindrom mata kering.

Perawatan lipiflow memakan waktu sekitar 12 menit per mata. Dalam studi klinis efektivitas prosedur, 76% pasien melaporkan perbaikan gejala mata kering mereka dalam waktu dua minggu pengobatan. Sebagian besar pasien juga menunjukkan peningkatan kualitas dan kuantitas sekresi kelenjar meibom dan durasi waktu lapisan air mata mereka tetap berada di mata sebelum menguap.

Biasanya, efek menguntungkan dari prosedur LipiFlow berlangsung satu hingga tiga tahun atau lebih. 

 
Hubungi Kami
Terace Mahakam, Jl. Mahakam No.6, Kramat Pela,
Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
02122772701
business.support@okeklinik.com
help@okeklinik.com